Friday 26 August 2011

Tips Mudik 2011



Hai, ga terasa ya hari raya Idul Fitri tinggal menghitung hari. Itu artinya sudah hampir satu bulan temen-temen semua para umat muslim melaksanakan ibadah puasa. Puasa dan lebaran ga akan lepas dari suatu hal yang bernama "Mudik". Orang-orang yang bermukin di kota pulang ke daerah asal untuk bersilaturahmi dengan keluarga dan sanak saudara.
Nah, bagaimana dengan kalian, apa udah punya rencana untuk mudik tahun ini ?
Berikut saya akan membagikan sedikit tips untuk temen-temen yang mudik menggunakan kendaraan roda 2 atau sepeda motor, karena sepeda motor masih menjadi primadona kendaraan mudik bagi semua kalangan.


  1.  Periksa surat-surat
    Surat-surat yang dimaksud bukanlah surat cinta ataupun surat wasiat, melainkan surat-surat kendaraan bermotor. Pemudik biasanya sering melupakan hal ini, padahal surat-surat kendaraan bermotor ini salah satu pendukung perjalanan mudik kita berjalan dengan lancar. Untuk yang membeli kendaraan bermotor khususnya kendaraan second jangan lupa untuk memastikan surat kendaraannya asli, karena moment seperti ini seringkali dimanfaatkan pihal-pihak yang tidak bertanggung jawab untuk menipu para pemudik. Banyak kendaraan hasil curanmor yang diperjual belikan dengan surat-surat yang palsu. Jadi ini patut diwaspasdai, jangan tergiur dengan harga murah dan proses yang cepat. Selain harus mewaspadai hal tersebut, jangan pernah lupa untuk memeriksa masa berlaku dari Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) dan juga Surat Izin Mengemudi (SIM), jangan sampai lewat masa berlaku atau bahkan kadaluarsa.
  2. Periksa kondisi kendaraan
    Setelah surat-surat kendaraan siap, saatnya kita memeriksa kondisi dari kendaraan. Periksalah dengan baik kendaraan yang akan kita pakai untuk mudik. Periksa lampu: lampu jarak dekat, lampu jarak jauh, lampu sein, dan lampu rem. Jangan menggunakan terlalu banyak lampu tambahan karena akan mengganggu pengendara lain dan juga boros energi. Periksa rem depan dan rem belakang. Periksa klakson. Periksa kaca spion (sebaiknya menggunakan spion standart dan lengakap kanan dan kiri). Periksa tekanan ban, sesuaikan dengan beban yang akan di bawa. Jika kendaraan sudah anda kenali dengan baik, cukup melakukan pemeriksaan secara mandiri. Namun sebaiknya sebelum dipergunakan, H-1minggu mudik sebaiknya di periksa di bengkel-bengkel resmi sepeda motor.
  3. Atribut pengendara
    Gunakan atribut atau pakaian yang nyaman dan aman untuk berkendara, seperti: Helm full face atau helm yang sudah SNI, gunakan sarung tangan yang terbuat dari bahan yang tidak mudah menyerap panas dan air, gunakan jaket dan celana panjang, jangan menggunakan sandal atau sejenisnya, gunakanlah sepatu. Jika memungkinkan, gunakanlah rompi hijau atau oange yang memantulkan sinar.
  4. Barang bawaan
    Jangan membawa barang-barang yang terlalu banyak, cukup bawa barang secukupnya, jika memang barang yang akan di bawa sangat banyak, sebaiknya menggunakan jasa pengiriman, agar perjalanan tidak terganggu oleh barang bawaan yang di ikat atau di gantung di sana sini sehingga menyulitkan berkendara.
  5. Istirahat
    Jika dalam perjalanan anda lelah, jangan pernah memaksakan untuk melanjutkan perjalanan. Lakukan peregangan dan istirahat di posko-posko mudik yang ada di sepanjang jalan ataupun di SPBU terdekat. Dalam suasana lebaran seperti ini banyak posko-posko yang menyediakan pelayanan gratis dan baik. Jadi jangan ragu untuk beristirahat sejenak agar perjalanan kita lancar. 
Itu beberapa tips yang bisa saya berikan untuk para pemudik yang menggunakan sepeda motor sebagai kendaraan mudiknya. Semoga bermanfaat dan bisa membantu.

Untuk peta mudik 2011, bisa di download atau di lihat di sini


Selamat Hari Raya Idul Fitri 1432 H.
Mohon maaf lahir dan bathin.

Mari mudik dengan aman dan nyaman :)

3 comments:

  1. Ayo Dodok... update lagi Blognya... Keep Writing!

    ReplyDelete
  2. waahh, makasi dokter Ady udah buka blog saya.
    Tenang dok, segera akan saya update lagi..hehehe :)

    ReplyDelete
  3. Kalo bole saran anak bini mending pake umum aja..kasian kalo sampe ber empat di atas motor. Tp kalo bawa mobil sih ga masalah. Titi DJ lah pokoke.

    ReplyDelete

Baca juga