Tuesday 13 March 2012

Pelatihan KISARA sesi KTD

Siang kemarin mentari bersinar cerah, burung2 bernyanyi (nyanyi layaknya burung ya, bukan cherybell, iwa peyek ataupun 7ikon) dan angin semilir lewat di depan wajah. Diluar sana panas berkecamuk, untungnya sih saya di dalem ruangan ber AC, jadi nyante-nyate aja..hehehe

Seneng banget yah saya bisa gabungan sebagai fasilitator untuk share informasi terkait Kehamilan Yang Tidak Diinginkan.
Pelatihan hari minggu merupakan pelatihan hari ke2. Hari pertama sudah dilaksanakan hari sabtu kemarinnya. Cuaca di luar emang panas, tapi saya beruntung karena pelatihannya di dalem ruangan ber AC..(AC lagi yang disebut) hehehe :D

Pelatihan kali ini rame banget, yang hadir adalah relawan KISARA yang aktif dan juga teman2 dari SMA di Denpasar (lupa dari SMA mana aja :p). Fasilitatornya pun tidak hanya saya, hari sabtu kemarin fasilitatornya adalah Devi tentang Triad KRR dan Ratna tentang IMS. Nah, hari minggunya giliran kita 3 jagoan muda yang jadi fasilitator. Ada Mae tentang Seksualitas, Caky tentang Alat Kontrasepsi, dan saya tentang Kehamilan Tidak Diinginkan (KTD).

Tapi sayangnya sesi KTD saat siang hari dimana peserta udah mulai ngantuk dan lelah. Ya satu2nya cara diberikan adalah ice breaking dan role play terkait materi KTD. Lumayan membantu sih, karena peserta jadi bisa bergerak sekaligus peregangan otot2 yang kendor,..eh, maksudnya otot2 yang kaku :p
Sebagian besar peserta ternyata udah ga asing tentang KTD ini karena kasus2 yang terjadi sebagian besar datang dari usia2 remaja seperti mereka. Jadi di sesi ini kita lebih banyak berdiskusi dan memantapkan hati apa yang harus dilakukan jika nanti menjadi konselor ataupun teman curhat kepada sebayanya yang mengalami KTD.

Sesi ditutup dengan pertanyaan dari saya yaitu “Ada pertanyaan tentang KTD?”.. dan semuanya geleng2 kepala..hehehe. Entah itu pertanda mereka sudah mengerti atau tidak mengerti, tapi saya rasa mereka sudah cukup mengerti hal dasar yang harus dilakukan jika menemukan kasus tersebut, karena sudah terlihat dari keaktifan mereka melontarkan pendapat saat saya berikan pertanyaan di tengah sesi pemberian materi dan role play. :)


No comments:

Post a Comment

Baca juga