Thursday 3 May 2012

Sosok Kartini yang Identik dengan Berbagai Hal


Kartini, Kartono, Karti, dan masih banyak nama lainnya yang sering banget kita dengar. Nah nama-nama itu juga bukan sembarang nama lho, yang punya nama kayak gitu pasti lahirnya tanggal 21 April atau tanggal sekitaran bulan april. Buktiin deh..hehehe


Banyak orang tua memberikan nama kepada anaknya yang lahir di bulan April dengan nama Kartini ataupun sebutan lainnya untuk Ibu Kita Kartini. Para orang tua berharap kelak anak-anak mereka menjadi tangguh dan hebat seperti seorang Raden Ajeng Kartini. :)


Ada beberapa hal yang "Identik" dengan sosok seorang Kartini, diantaranya:
  1. BUNGA
     
    Sosok seorang Kartini merupakan sosok wanita yang anggun dan menawan, layaknya setangkai bunga yang indah, mewangi, dan menarik. Di tengah perjuangannya untuk hak-hak para wanita, Kartini tetap anggun dan menjadi wanita yang luar biasa. 


     
  2. LILIN
     
    Lho, Kartini pernah jualan lilin?? ya jelas engga lah :D Lilin merupakan hal kecil yang sangat menggambarkan seorang Kartini. Lilin mempunyai sinaran yang redup dan remang-remang, sangat kalah jauh dengan sinar lampu yang bisa menerangi 1 ruangan penuh, namun lilin sangat berarti di tengah kegelapan malam. Seperti kartini, seorang wanita yang berjuang di tengah banyaknya pria yang menjadi ikon keperkasaan. Perjuangan kecilnya sangat berarti bagi para wanita yang menginginkan adanya emansipasi. Dengan kekuatannya yang kecil bagaikan sinar lilin tersebut, ia sanggup memperjuangkan sesuatu yang saat ini kita kenal dengan emansipasi wanita.



  3. ALIRAN AIR
    Hal berikutnya yang identik dengan Kartini adalah aliran air. Dalam usahanya untuk memperjuangkan emansipasi wanita, seorang kartini berjuang dengan sangat halus dan tenang, tidak seperti kebanyakan pejuang laki-laki yang lebih banyak mengandalkan otot. Sosok Kartini mengalir seperti air yang tenang tanpa adanya pemberontakan maupun kekerasan dalam memperjuangkan hak-hak para wanita.



  4. BUKU
    Hal lainnya adalah Buku. Buku sangatlah identik dengan Kartini.
    Ya iyalah jaman dulu kan belum ngetop blog, twitter atau facebook, makanya Kartini punya buku yang berjudul Habis Gelap Terbitlah Terang. Mungkin kalau jaman dulu uda ada blog, Kartini pasti uda punya se'abrek arsip dan kategori di blognya, atau mungkin uda bikin e-book berbayar,hehehe :p



  5. IBU
    Hal terakhir yang identik dengan Kartini adalah IBU.
    Yap, benar sekali. Selain berperan sebagai wanita, Kartini juga berperan sebagai Istri dan Ibu bagi anak-anaknya, dan kita pun juga menyebut beliau dengan sebutan Ibu kita Kartini. :)
    Sebagai contohnya adalah Ibu saya. Mengapa demikian?? Karena beliau adalah seorang perawat, seorang istri, seorang ibu rumah tangga, dan juga seorang pendidik non formal bagi saya dan kakak laki-laki saya. Seperti halnya kartini di jaman dulu, ibu saya juga mempunyai banyak peranan dalam hidupnya. Pagi hari ia menjadi seorang istri dan ibu bagi suami dan anak-anaknya, selanjutnya menjadi seorang perawat bagi masyarakat, dan terakhir ia menjadi pendidik bagi anak-anaknya. Maka Kartini sangatlah identik dengan kegigihan seorang Ibu :)



No comments:

Post a Comment

Baca juga