Tuesday 17 March 2015

#AIDS Digital | Layanan HIV & AIDS Dalam Genggaman


Pengguna smartphone berbasis Android, iOS, Blacberry mulai meningkat tajam terutama ketika internet mulai mudah digunakan bahkan dalam satu genggaman. Tarif internet yang makin bersaing antar operator seluler memungkinkan seseorang menggunakan internet tanpa henti. Hal ini menjadikan seseorang dengan mudah mengakses, men-download, bahkan meng-upload jutaan informasi di dunia maya. Namun sayang banget ketika informasi yang beredar di dunia maya kurang bisa dipertanggung jawabkan.

Contohnya HIV & AIDS, berbagai mitos, stigma, diskriminasi tersebar luas di dunia maya dan ber-effect negatif pada dunia nyata. Banyak masyarakat menjadi takut, malu, dan cemas untuk mengakses informasi terkait HIV & AIDS. Jangankan memeriksakan diri, untuk bertanya dimana tempat periksa HIV pun menjadi hal yang tabu untuk dibicarakan. Hal inilah yang makin memicu terjadinya fenomena gunung es, padahal ketersediaan informasi yang tepat dan akurat mengenai tempat dimana bisa didapatkan layanan kesehatan terkait AIDS dan IMS menjadi salah satu kunci keberhasilan mengendalikan penyebaran HIV khususnya di Indonesia.

Sejak tahun 2013 Indonesian AIDS Coalition (IAC) berkolaborasi dengan Kementrian Kesehatan, HIVOS, dan UNAIDS mengembangkan sebuah aplikasi smartphone yang dapat diakses dimana saja, siapa saja dan kapan saja. AIDS DIGITAL, aplikasi yang bisa di download di App Store, App World, dan Play Store untuk brosis yang ingin mengakses informasi layanan HIV & AIDS yang tersebar di seluruh Indonesia secara akurat dan mampu diakses dengan nyaman tanpa khawatir akan terbuka identitasnya.

AIDS Digital menyimpan 1034 Site layanan HIV dan Kesehatan Reproduksi lengkap dengan alamat, nomer telepon, website, bahkan koordinat GPS yang bisa membantu brosis biar ga nyasar saat menuju ke layanan tersebut. Dengan AIDS Digital brosis ga perlu malu dan takut lagi untuk mencari informasi tentang HIV & AIDS, karena brosis bisa akses dengan mudah dan nyaman. AIDS Digital juga bisa diakses di www.aidsdigital.net


Referensi:
Training Pemanfaatan Internet & Sosial Media Sebagai Strategi Advokasi dan Kampanye Komunitas HIV & AIDS
Indonesian AIDS Coalition (IAC) | ICT Watch | SEATTI

2 comments:

  1. Menarik sekali infonya Dodok, aku main ke tautan tersebut. Lengkap ya ada informasi tempat di setiap kabupaten/kota. Deskripsinya memang belum ada ya? informasi tentang biaya dll ketika klik salah satu lokasinya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya doi, menurut lembaga yang develope apps-nya masih proses update. Mudah-mmudahan cepet proses update nya :)

      Delete

Baca juga