Thursday 2 June 2016

Menelusuri Rumah Pohon di Karangasem Bali


Ga pernah nyangka kalau di tengah hutan dan jauh dari pemukiman ada tempat gokil yang oke banget buat dikunjungi. Tempatnya memang rada masuk ke dalam, melewati pemukiman warga sampai sama sekali ga nemuin rumah warga satupun. Menelusuri jalan yang bisa dilintasi 2 mobil yang bergandengan hingga jalan yang sedikit berbatu dan
kecil seukuran 1 mobil yang bahkan bergandengan dengan mantanpun tak sanggup. He.. he.. he

Yap itu kurang lebih rute yang menggambarkan  proses menuju rumah pohon yang terletak di Kabupaten Karangasem Bali ini. Awal rumah pohon ini dibangun oleh pemiliknya “kabarnya” hanya sebagai tempat berkunjung warga sekitar yang ingin menikmati indahnya suasana hutan dari tempat yang lebih tinggi. Namun akibat dari booming-nya media sosial, rumah pohon ini menjadi populer di kalangan instagram-er dan mulai banyak pengunjungnya. Dan kabarnya lagi nih brosis, dulu lahan yang segede gambreng itu hanya ada 1 rumah pohon saja, tapi karena pengunjung yang semakin banyak mulai dilakukan pengembangan dengan membangun beberapa tempat yang cukup keren juga dipakai untuk foto. Selain itu juga ada restoran kecil di tengah area rumah pohon ini untuk pengunjung yang sekedar ingin melepas dahaga atau rasa lapar. Pemilik tempat ini juga membiarkan beberapa hewan seperti burung, angsa, bebek, ayam dan anak-anaknya yang entah dari bapak yang mana. Lucu juga sih saat melihat hewan-hewan berkeliaran di tanah luas yang berpadang rumput hijau. Namun sayangnya, jadi banyak kotoran-kotoran yang juga turut beredar dimana-mana. Jadi mesti sedikit berhati-hati agar ga sampai terinjak.

CARA KE RUMAH POHON
Oke, mari kita bahas cara menuju rumah pohon yang nge-hits di instagram ini. Rumah pohon ini terletak di Batu Dawa, Kecamatan Kubu, Kabupaten Karangasem. Memang rada sulit google maps menemukan, karena di rumah pohon ini sangat sulit sinyal internet, kemungkinan karena letaknya yang jauh dari jangkaun pemancar sinyal ponsel, sehingga di lokasi orang-orang kesulitan untuk posting foto dan check-in di media sosial path sehingga google maps ga punya referensi untuk menentukan lokasinya (sok tau banget aku :D).
Dari kota Denpasar diperlukan waktu tempuh kurang lebih 2 jam menuju kota Karangasem, dari kota karangasem diperlukan waktu tempuh 1,5 jam lagi menuju Kubu, Karangasem. Diperjalanan menuju Kubu brosis akan melewati pertigaan Pantai Amed. Lanjutkan perjalanan terus di jalan besar sampai menemukan tanda jalan yang mengarahkan ke Tukad Abu atau sebuah jalan ke arah kiri. Setelah berbelok ke arah kiri, tinggal lanjutkan aja deh perjalanan brosis sampai ujung jalan yang di aspal. Jika ragu, tinggal tanya dengan warga sekitar, karena warga disana sudah familiar banget dengan rumah pohon ini.

BIAYA MASUK
Untuk masuk ke rumah pohon ini, hanya dikenakan biaya pemeliharaan sebesar Rp 10.000,- per orang. Jadi sangat terjangkau bagi siapa saja yang ingin berkunjung kesana, karena saat saya kesana banyak juga anak-anak kecil yang berkunjung dan selfie di area rumah pohon. JIka haus atau lapar ada restoran di dalam area rumah pohon dan ada warung kecil di area parkir kendaraan.


Jadi buat brosis yang butuh referensi tempat buat eksis di instagram, rumah pohon di Karangasem ini bisa menjadi salah satu pilihan yang oke.

Keep Traveling and Cheers :)

No comments:

Post a Comment

Baca juga